Tetap Mengikuti Protokol Covid-19, Universitas Hamzanwadi Laksanakan Workshop Penulisan Artikel Ilmiah

Work1.jpg

Universitas Hamzanwadi menyelenggarakan workshop dengan tema: “Strategi Penulisan, Sitasi, dan, publikasi ilmiah”. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan informasi esensial dan lebih banyak pengetahuan bagi dosen dalam menulis artikel ilmiah pada publikasi nasional dan internasional. Kegiatan tersebut dilaksanakan atas gagasan Wakil Rektor I Dr. H. Khirjan Nahdi M.Hum., dan kegiatan langsung dibuka oleh beliau. Kegiatan ini tetap mengacu pada protocol kesehatan COVID-19 dengan mengatur posisi duduk sesuai proptokol, wajib menggunakan masker, tes suhu tubuh, dan wajib cuci tangan.

Dalam pembukaan kegiatan workshop, Wakil Rektor I dalam pembukaan kegiatan menjelaskan bahwa workshop ini bertujuan untuk mengedukasi dan mengembangkan pengetahuan serta meningkatkan kualitas penulisan artikel ilmiah pada publikasi nasional dan internasional bagi para dosen di lingkungan Universitas Hamzanwadi. Selain itu beliau juga menambahkan bahwa penulisan karya ilmiah bagi dosen merupakan suatu kewajiban dalam menjalankan tri dharma perguruan tinggi. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat membantu dosen mengenali publikasi nasional dan internasional yang cocok dengan isu yang ditulis dan memiliki sitasi dan impact factor lebih lanjut sebagaimana yang ditetapkan oleh Universitas Hamzanwadi dan publikasi ilmiah civitas akademik universitas terus meningkat meningkat.

Kegiatan workshop ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan (berseri), untuk seri yang pertama ini dilaksanakan pada hari Rabu, 10 Juni 2020. Ada dua narsumber dari Internal Universitas Hamzanwadi yaitu Dr. Tuti Mutia, M.Pd (Dosen Pendidikan Geografi dan juga Reviewer Jurnal Internasional terindeks Scopus) dan Shahibul Ahyan, M.Pd (Dosen Pendidikan Matematika dan Editor-in-Chief Jurnal Elemen). Sebagai pembicara workshop seri pertama Dr. Tuti Mutia, M.Pd membahas topik tentang Strategi penulisan karya ilmiah, sebagai seorang reviewer jurnal Scopus beliau menjelaskan bagaimana  strategi-strategi jitu dan sistematika penulisan karya ilmiah yang baik dan sesuai dengan kebutuhan saat ini. Penulisan ilmiah harus Noveltis dan memiliki stage of the art.

Selanjutnya Wakil Rektor I dalam sambutanya pada penutupan workshop mengingatkan kepada semua dosen Universitas Hamzanwadi agar terus fokus melakukan publikasi minimal 2 publikasi dalam satu semester. Hal ini juga bertujuan untuk terus meningkatkan kualitas SDM dan pada akhirnya akan meningkatkan kompetensi literasi semua dosen. Beliau mengatakan “Wajib bagi semua Dosen, terutama yang Sudah sertifikasi untuk melakukan publikasi minimal dua kali dalam setahun”. Hal ini juga merupakan kewajiban semua dosen dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi dan akan menjadi kewajiban dalam pelaporan BKD masing-masing Dosen. [Kien].